Diskominfo, SP gumas – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunung Mas (Gumas) menyelenggarakan Kegiatan Simulasi Pemungutan Suara Pemilu Tahun 2019, yang pelaksanaannya dilakukan di halaman Kantor KPU Gumas selama 2 hari, mulai dari hari Senin-Selasa (25 s/d 26 Maret 2019).

Foto : Anggota KPPS mengecek kelengkapan isi kotak suara dalam simulasi Pemungutan Pemungutan Suara di halaman Kantor KPU Gumas Kuala Kurun, Selasa (26/3/2019)

Kegiatan dibuka oleh anggota Komisioner KPU Gumas Alfrinst G. Tumon pada hari pertama (Senin/25/3/2019) dan dihadiri oleh Perwakilan dari tiap Anggota KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) Se Kelurahan Kuala Kurun masing-masing 2 orang yang terdiri dari ketua dan anggotanya.

Foto : Tampak Ketua KPU Gumas Stepenson ikut berpartisipasi sebagai peserta pemilih dalam simulasi Pemungutan Pemungutan Suara di halaman Kantor KPU Gumas Kuala Kurun, Selasa (26/3/2019).

Alfrinst G. Tumon menjelaskan kepada para peserta tujuan dari Simulasi Pemungutan Suara tersebut merupakan tahapan dari KPU untuk mensosialisasikan mengenai tahapan penyelenggaran pemilu di TPS mulai dari pemungutan suara sampai rekapitulasi penghitungan suara kepada anggota KPPS yang bertugas di TPS pada saatnya nanti, maka dalam simulasi tersebut mungkin akan ada banyak permasalahan yang kerap kali ditemui didalam TPS sehingga menjadi bahan evaluasi bersama untuk meminimalkan segala kesalahan dalam prosesnya kelak pada hari pencoblosan, jelasnya.

Foto : Ketua KPU Stepenson (pojok kanan berkaos putih) memantau Proses Rekapitulasi Perhitungan Suara yang dilakukan oleh anggota KPPS (berbaju batik orange) dalam simulasi Pemungutan Pemungutan Suara di halaman Kantor KPU Gumas Kuala Kurun, Selasa (26/3/2019).

Pada hari pertama kegiatan para peserta hanya diberikan arahan dari KPU gumas, galadi bersih dan menentukan peran dari masing-masing peserta nantinya dalam pelaksanaan simulasi nanti pada saat hari kedua.

Foto : Ketua PPS Kelurahan Kuala Kurun Bebendi (berkaos hitam memegang microphone) saat memberikan arahannya dalam simulasi Pemungutan Pemungutan Suara di halaman Kantor KPU Gumas Kuala Kurun, Selasa (26/3/2019).

Pada hari kedua ( Selasa/26/3/2019) Simulasi Pemungutan Suara dilakukan yang semuanya telah dibuat sedemikian rupa oleh panitia penyelenggara, mulai dari areal TPS, Anggota KPPS yang bertugas, juga segala bentuk kejadian yang mungkin terjadi sampai dengan peserta pemilih dan yang menjadi saksi dari partai yang telah ditentukan sebelumnya dalam gladi tersebut menjalankan perannya masing-masing dengan baik, sehingga tahap demi tahap tata cara pemungutan suara sampai dengan rekapitulasi perhitungan suara berjalan dengan sukses sehingga terlihat seperti aslinya yang terjadi pada saat Pemilu tanggal 17 April 2017 nanti.

Acara ditutup secara oleh Komisioner KPU Gumas Sukjani.

Press Rilis Bidang Pengelolaan Informasi Publik.