Untuk mewujudkan visi dan misi Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Gunung Mas, maka ditetapkan tujuan yang akan dicapai selama tiga tahun ke depan, seperti yang termuat dalam table sebagai berikut :

Tujuan dan Sasaran Jangka Menengah

 

NO.

MISI TUJUAN

SASARAN

1 Meningkatkan keterbukaan serta pengamanan informasi dan komunikasi publik menggunakan media massa berupa cetak dan elektronik atau non elektronik. 1.    Meningkatkan penyediaan dan pengamanan data serta penyebaran informasi dan komunikasi publik. 1.   Meningkatnya pelayanan kebutuhan informasi dalam pengamanan dan ketersediaan kelengkapan data.
2.    Meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan Kabupaten Gunung Mas. 2.   Meningkatnya informasi dan komunikasi masyarakat dengan pemerintah.
2. Mengembangkan jaringan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan kinerja pemerintah dan layanan masyarakat. 1.    Meningkatkan kualitas dan kuantitas jaringan internet/intranet di daerah Gunung Mas. 1.   Meningkatnya kemudahan layanan pemberian rekomendasi untuk pemasangan jaringan komunikasi di daerah Kabupaten Gunung Mas.
3. Memperkuat ekosistem dan tatakelola e-government. 1.    Terimplementasikannya e-government menuju good governance. 1.   Melengkapi regulasi sinergi implementasi e-government terintegrasi.
2.    Meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM pengembangan, pengelolaan dan pemenfaatan TIK. 2.   Meningkatnya SDM pengembangan, pengelolaan dan pemanfaatan TIK.

Dimana tujuan mempunyai karakteristik sebagai berikut :

  1. Idealistik, yaitu mengandung nilai-nilai keluhuran dan keinginan kuat untuk menjadi baik dan berhasil.
  2. Jangkauan kedepan, jangkauan kedepan dicapai dalam waktu tiga tahun atau lebih dengan yang telah ditetapkan.
  3. Abstrak, artinya belum dapat dilihat secara kuantitas karena pencapaian tujuan dapat berlangsung secara berkesinambungan.