Strategi dan kebijakan yang akan dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Gunung Mas Tahun 2017-2019 dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya seperti yang termuat dalam tabel sebagai berikut :

Strategi Dan Kebijakan Jangka Menengah

 

NO. TUJUAN SASARAN STRATEGI KEBIJAKAN
1 Meningkatkan penyediaan dan pengamanan data serta penyebaran informasi dan komunikasi publik. Meningkatnya pelayanan kebutuhan informasi dalam pengamanan dan ketersediaan kelengkapan data. Pengembangan dan penyebaran informasi pembangunan PEMDA Kabupaten Gunung Mas 1.  Penyusunan tatakelola sentralisasi data/informasi yang terintegrasi serta dukungan kerjasama/pendampingan dengan pihak lainnya.
2.  Pemanfaatan dan optimalisasi Penyebarluasan informasi penyelenggaraan Pemerintah Daerah.
2 Meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan Kabupaten Gunung Mas. Meningkatnya informasi dan komunikasi masyarakat dengan pemerintah. Mengembangkan aplikasi e-government serta pengelolaan media massa lainnya. Pengembangan dan pemanfaatan website SOPD yang terintegrasi serta pengelolaan media massa.
3 Meningkatkan kualitas dan kuantitas jaringan internet/intranet di daerah Gunung Mas. Meningkatnya kemudahan layanan pemberian rekomendasi untuk pemasangan jaringan komunikasi di daerah Kabupaten Gunung Mas. Melengkapi layanan ketersediaan data dalam pemberian rekomendasi infrastruktur TIK untuk pemasangan jaringan komunikasi. Percepatan ketersediaan peningkatan data untuk menjamin kelangsungan penyelenggaraan urusan komunikasi dan informatika PEMDA Kabupaten Gunung Mas.
4 Terimplementasikannya e-government menuju good governance. Melengkapi regulasi sinergi implementasi e-government terintegrasi. Manfaatkan pimpinan yang peduli dengan e-gov. untuk meningkatkan peran TIK pada proses birokrasi dan mendorong tercapainya good governance. Mempercepat penyusunan kelengkapan regulasi terkait pengembangan, pengelolaan dan pemanfaatan e-government/TIK Pemerintah Kabupaten Gunung Mas.
5 Meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM pengembangan, pengelolaan dan pemenfaatan TIK. Meningkatnya SDM pengembangan, pengelolaan dan pemanfaatan TIK. 1.    Pengadaan dan pemanfaatan SDM TIK untuk pengembangan, pengelolaan dan pemanfaatan TIK diseluruh SOPD. 1.  Pembentukan organisasi Dewan TIK dimana kepela daerah atau minimal kepala SOPD eselon 2 yang kompeten untuk membuat kebijakan TIK yang memimpin secara langsung pengendalian pengembangan dan pemanfaatan TIK.
2.    Peningkatan jumlah dan kapabilitas SDM TIK untuk selalu mengikuti perkembangan Trend Teknologi Informasi terbaru. 2.  Peningkatan kapabilitas SDM di bidang TIK baik SOPD yang menangani kominfo maupun SOPD lainnya.