Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian menetapkan :

Visi :

“Menjadi Pusat Data dan Informasi yang Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi”

Misi :

  1. Meningkatkan keterbukaan serta pengamanan informasi dan komunikasi publik menggunakan media massa berupa cetak dan elektronik atau non elektronik.
  2. Mengembangkan jaringan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
  3. Memperkuat ekosistem dan tata kelola E-Government.

 

       Penjelasan Visi Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian adalah sebagai berikut :

  • Pelayanan Pusat Data, yaitu terwujudnya ketersediaan pengolahan data yang berbasis teknologi dan informasi yang akurat, handal, terjangkau, transparan, terintegrasi, berdaya guna dan berkelanjutan sehingga dapat dipercaya dan dapat dipertanggung jawabkan.
  • Pusat Informasi, yaitu terwujudnya Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian sebagai bagian Pemerintah Daerah yang dapat memberikan gambaran atau memberikan informasi kepada masyarakat, yang berhubungan dengan penyelenggaraan Pemerintah Daerah, sehingga masyarakat akan mendapatkan gambaran/informasi secara utuh dari Pemerintah Daerah.
  • Yang Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, yaitu terwujudnya Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian sebagai Dinas yang mampu meningkatkan teknis pemanfaatan sistem teknologi informasi dan komunikasi dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan dimensi pelayanan publik di bidang komunikasi dan informatika.

       Visi tersebut mengisyaratkan kondisi yang ideal yaitu terciptanya kualitas pelayanan jasa komunikasi dan informasi yang diindikasikan bahwa penyelenggaraan yang nyaman (comfortable), tepat waktu (punctuality), terpelihara, mencukupi kebutuhan, menjangkau seluruh pelosok wilayah Kabupaten Gunung Mas dan memiliki daya saing yang diindikasikan bahwa penyelenggaraan komunikasi dan informasi yang efisien, dengan harga terjangkau (affordability) oleh semua lapisan masyarakat, ramah lingkungan, berkelanjutan, dilayani oleh SDM yang profesional, mandiri dan produktif, serta memiliki nilai tambah yang diindikasikan bahwa penyelenggaraan komunikasi dan informatika yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui iklim usaha yang kondusif bagi berkembangnya usaha masyarakat.

       Kualitas pelayanan jasa komunikasi dan informatika, diindikasikan bahwa layanan jasa komunikasi dan informatika mampu mencapai wilayah-wilayah potensial, sehingga dapat mendukung pengembangan ekonomi daerah dengan meningkatnya daya jangkau infrastruktur komunikasi dan informatika untuk memperluas aksesibilitas masyarakat terhadap informasi dalam rangka mengurangi kesenjangan informasi.